Penjabat Gubernur Sulawesi Utara, Soni Sumarsono.

Penjabat Gubernur Sulut: Pilwako Manado Tuntas Desember 2015

MANADO, BAWASLU SULUT – Penjabat Gubernur Sulut Sonny Sumarsono menegaskan Pemilihan Walikota (Pilwaliko) Manado tetap diselenggarakan tahun ini. Pernyataan ini dikatakannya untuk membantah rumor pemilihan akan diselenggarakan di tahun 2017.

“Tidak ada! Pemilu diadakan sebelum 21 Desember 2015. Jadi tidak ada isu 2017,” tegas Sumarsono di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Jumat (11/12/2015).

Sumarsono mengatakan kalau pelaksanaannya diselenggarakan di tahun 2017, maka akan bertentangan dengan Undang-undang. “Jika dipaksakan, Undang-undang sudah mengatur harus tahun 2015,” lanjutnya.

Saat ini, katanya, KPU tinggal menunggu apakah pasangan Jimmy Rimba Rogi – Bobi Daud disetujui atau tidak untuk mengikuti pelaksanaan Pilwali. Hasil itu dipastikan akan diketahui Senin pekan depan.

“Tinggal Pak Imba, jika disetujui finalnya hari Senin, berarti diadakan bulan Desember sebelum Natal. Paling lambat 21 Desember,” tegasnya lagi.

Mengenai adanya upaya banding atau upaya hukum lainnya terkait sengketa Pilwali Manado, Sumarsono kembali menegaskan tidak akan ada. “Pokoknya solusinya 2015, tidak ada andai kata-andai kata. Kita bicara secara terukur saja,” tandasnya sambil berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

(bawaslusulut)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *