Usai Dilantik, Malonda Terpilih Menjadi Ketua Bawaslu Sulut

Bawaslu Provinsi Sulut, Jakarta
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (Bawaslu RI) melantik 72 anggota Bawaslu provinsi periode 2017-2022. Pelantikan dilakukan langsung Ketua Bawaslu Abhan beserta jajaran dan disaksikan oleh sejumlah tamu undangan seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali, Komisioner KPU Viryan serta Ketua dan Anggota DKPP.
“Jadi pertama kami ucapkan selamat kepada kawan-kawan kami, Bawaslu provinsi di 25 provinsi yang terpilih,” ujar Abhan di Crowne Hotel Jakarta Rabu (20/9/2017).
Abhan menjelaskan, proses seleksi anggota Bawaslu 2017-2022 dilakukan secara transparan dan melibatkan tim seleksi yang independen. Dia berharap, anggota Bawaslu terpilih bisa mengemban tugas pengawasan sebaiknya. “Ini sudah melalui proses panjang dan transparan, sekitar 2 bulan (seleksi) ditambah fit and proper satu bulan, jadi total 3 bulan,” kata Abhan.
Abhan juga mengingatkan, tugas pengawasan kedepan tidaklah semudah sebelumnya. Pelaksanaan pilkada serentak 2018 serta pemilu legislatif dan presiden yang dilakukan bersamaan menjadi tantangan penyelenggara untuk bekerja lebih maksimal.
“Karena tugas pengawasan sangat berat, 2018 ada pilkada serentak 171 daerah, kemudian pileg dan pilpres serentak yang pertama kali,” tutur Abhan.

Dari Provinsi Sulawesi Utara, yang dilantik adalah Herwyn J.H Malonda SH.MPd, yang kembali terpilih setelah masa tugasnya berakhir 21 September yang lalu. Kini Malonda didampingi dua pendatang baru yakni Kenly Meyoy Poluan SPd. MSi dan Mustarin Humagi S.Hi.  Saat ini ketiganya masih mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI dan akan berakhir pada Selasa 26 September 2017.
Lewat status di akun Facebooknya, Malonda mencurahkan isi hati sebagai berikut: ” Segala puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan atas perkenananNYA sehingga momen ini bisa terlaksana. Terima kasih atas kepercayaan Ketua dan Anggota Bawaslu RI kepada kami bertiga. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan dan kami bertiga memohon dukungan masyarakat Sulawesi Utara kepada kami untuk mengemban amanah ini, ”.
Apresiasi kepada mantan Komisioner Bawaslu sebelumnya dan semua pihak yang mendukung juga diungkapkan Malonda. “Kita bertigalah yang memelopori pembentukan kelembagaan Bawaslu Sulut. Banyak susah dan senang telah kita lewati bersama. Hormat dan kasih sayang diberikan kepada Bapak berdua. Kalian memang hebat. Saya bangga dan bersyukur, pernah bekerja bersama kalian, Sukses untuk kita semua.  Terima kasih pula kepada semua pihak yang telah mendukung kami, Tiada gading yang tidak retak. Mohon maaf atas kekhilafan yang kami perbuat. Bersama Rakyat, Awasi Pemilu. Bersama Bawaslu, Tegakkan Keadilan Pemilu, ”  ungkap Malonda.
Sementara, dari sumber terpercaya, Herwyn Malonda kembali terpilih dan menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara.

(ren/dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *